JURNAL PASTI (PENELITIAN DAN APLIKASI SISTEM DAN TEKNIK INDUSTRI)
Vol 16, No 2 (2022): Jurnal PASTI

PERANCANGAN SERIOUS SIMULATION GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATURITAS INDUSTRI 4.0 UNTUK INDUSTRI MANUFAKTUR

Adizty Suparno (Universitas Mercu Buana)
Romadhani Ardi (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Industri 4.0 adalah perubahan yang diharapkan menjadi revolusi dalam proses bisnis perusahaan. Revolusi yang dilakukan tidak jauh dari transformasi yang berisiko gagal apabila kurang memahami langkah dalam proses menuju digitalisasi perusahaan. Pendekatan maturitas Industri 4.0 dapat membantu membuat roadmap transformasi langkah demi langkah. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Serious Simulation Game (SSG) sehingga tidak hanya memberikan informasi mengenai fungsi teknologi tetapi juga memberikan umpan balik dalam bentuk simulasi. Perancangan dilakukan dengan mempertimbangkan elemen yang terkait dalam transformasi digital dan uji coba untuk memastikan pembelajaran tersampaikan dengan baik. Tingkat efektifitas permainan diuji dengan melakukan pretest dan postest kepada pemain. Berdasarkan uji yang dilakukan terjadi peningkatan pemahaman pemain dengan nilai rata-rata nilai 28 poin. Hasil evaluasi terhadap permainan menunjukan pemain setuju lebih memahami transformasi digital setelah menyelesaikan permainan. Permainan yang dirancang membantu membangun mental model pemain dalam membuat keputusan dalam menerapkan teknologi dari Industri 4.0 dengan unsur menyenangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pasti

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

The Journal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) receives scientific papers on research that are closely related to the research and application of Industrial Systems and ...