Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 9, No 2 (2022)

PENGARUH PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR

Dewi Astuti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pendekatan interaktif pembelajaran konseptual terhadap penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Laweyan , Surakarta, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2 yang terdiri dari dua kelompok , yaitu eksperimen I (n = 119) dan eksperimen II (n = 117). Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal penguasaan konsep berupa esai dan lembar observasi aktivitas. Siswa kelompok eksperimen I mengungguli teman-temannya di kelompok eksperimen II akibat penerapan pendekatan ICI dengan media pembelajaran yang berbeda. Terjadi peningkatan penguasaan konsep yang signifikan pada kedua kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan two-way ANOVA dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pendekatan ICI dengan media video lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep; (2) penerapan pendekatan ICI terhadap tingkat aktivitas pembelajaran tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep; (3) tidak ada interaksi antara media dan aktivitas pembelajaran terhadap penguasaan konsep dalam penerapan pendekatan ICI. Berdasarkan temuan, penelitian ini menyarankan rekomendasi bagi guru untuk merumuskan cara-cara mengaktifkan semua siswa dalam belajar dan memperhatikan tingkat aktivitas siswa dalam menentukan pendekatan dan media yang tepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...