Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 10, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN

Lilis Lisnawati (Prodi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Ibn Khaldun)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Desa pasir jaya merupakan salah satu dari banyaknya desa yang masih sulit mengakses sinyal dan ketebatasan guru dalam pemanfaatkan media. Hal ini menyebabkan kebosaan anak pada pembelajaran yang terbatas menghambat anak dalam menyerap ilmu pengetahuan dalam hal ini ialah kosakata hijaiyah. Anak sulit meninggat huruf hijaiyah dikarenakan stimulus yang diberikan pada anak merupakan hal yang sudah sering anak rasakan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Penelitian ini menempatkan anak usia 5-6 sebagai subjek penelitian. Sumber data pada penelitian berasal dari 9 anak  dan dokumen data dengan teknik pengumpulan data observasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubugan tertentuHasil di lapangan menunjukan peningkatan signifikan terhadap ketertarikan anak dalam belajar, dari salah satu subjek penelitian menunjukan sifat keingintahuan yang tinggi, anak mulai berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...