Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2022): September

Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kearsipann Terhadap Kinerja Arsiparis Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo

Jannatul Nisfiyah (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Lilik Hurriyah (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Nur Fitriatin (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan khususnya Diklat Teknis dan Fungsional kearsipan, Kinerja Pegawai Kearsipan atau Arsiparis, serta pengaruh Pendidikan dan pelatihan kearsipan terhadap kinerja arsiparis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Peneliti melengkapi penelitian ini dengan berbagai teori yang sesuai dengan variabel guna memperkuat penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan Non - probability sampling dengan teknik Purposive or Judgment Sampling. Merupakan teknik pengambilan data atau sampel sehingga semua data kemungkinan terpilih sebagai sampel tidak sama besar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil presentase ideal Pendidikan dan pelatihan kearsipan memperoleh nilai sebesar 80,83%. Serta hasil presentase ideal kinerja arsiparis memperoleh nilai sebesar 83,12%. menunjukkan taraf signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 dan R square sebesar 77,4%. Serta nilai persamaan yang menunjukkan nilai positif sehingga dapat diartikan bahwa Diklat kearsipan telah sering diberikan sehingga kinerja arsiparis meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

The journal provides on articles related to conceptual innovation or empirical research in administration, management, leadership and supervision of Islamic educational ...