Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3, No 2 (2022)

HUBUNGAN ANTARA PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Fajar Awaluddin Fajar (IAIN BONE)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Telah banyak yang meneliti bahasa Arab dari berbagai perspektik seperti perspektif budaya, semiotika dan politik namun, masih tergolong minim yang mengkaji urgensi bahasa arab dari perspektif pendidikan Islam.  Bahasa merupakan alat komunikasi dan bahasa Arab telah digunakan sebagai alat ini dalam percakapan internasional. Bahasa Arab berkembang pesat di seluruh dunia dan telah dipelajari baik secara formal maupun informal di lembaga pendidikan. Metode penelitian ini bermodelkan penelitian kepustakaan atau disebut Library  Research. Dalam penelitian ini diajukan pertanyaan penelitian yaitu: Pertama, bagaimana hubungan antara bahasa Arab dengan Al-Qur'an dan hadits merupakan sumber utama pelaksanaan ajaran Islam? kedua, bagaimana urgensi pembelajaran bahasa Arab sangat penting dalam pendidikan Islam?. Temuan penelitian ini adalah Pertama, jika umat Islam memahami bahasa Arab dengan cukup baik maka memahami baik Al-Qur'an dan hadits pasti akan lebih mudah dan juga dapat mencegah mereka dari kesalahpahaman atau salah mengartikan isinya. Oleh karena itu, dalam pendidikan Islam, pendidikan bahasa Arab sangat penting untuk diajarkan. Bahasa Arab bukan hanya bahasa umat Islam tetapi bahasa yang dipilih Allah sebagai bahasa Al-Qur'an. Kedua, Urgensi pembelajaran bahasa Arab sangat penting dalam pendidikan Islam agar dapat memahami ajaran yang terkandung dalam pendidikan Islam. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa peran bahasa Arab dalam pendidikan Islam ini layak dipelajari dan disebarluaskan di berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Attadib Jurnal Pendidikan Agama Islam a scientific journal for disseminating results of conceptual research or studies on Islamic religious education, is published two times (June and December) a year. The Attadib Jurnal Pendidikan Agama Islam is managed by the Islamic religious education study ...