JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Hindu Budha Menggunakan PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Husnul, K (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Heryanto, Heryanto (Unknown)
T, Aptitasari (Unknown)
Sarifa, Sarifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menghasilkan perangkat pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha Pura Agung Udaya Parwata Tambora menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model (Four-D) Thiangarajan. Subjek uji coba kelompok besar terdiri atas 30 mahasiswa. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: RPS, Buku ajar, Worksheet dan soal tes. Berdasarkan penilaian ahli terhadap Buku ajar, RPS, Worksheet, dan THB yaitu 3,65 atau berada pada kategori Baik menurut penilaian ahli. Hasil analisis data aktivitas mahasiswa berada pada kategori “efektif” serta ketuntasan belajar siswa secara individual mencapai 80% mahasiswa tuntas secara individual, respon mahasiswa terhadap pembelajaran sejarah sosial ekonomi menggunakan PJBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis menunjukkan 70% siswa memberikan respon dengan kategori “positif”, berdasarkan hal tersebut maka perangkat yang dikembangkan sudah berkualitas baik dan layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...