JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Kajian dan Analisis Hermeneutika pada Puisi "When I Was One and twenty" Karya Alfred Edward housman: When I was One and Twenty

lihin, Sholihin (Unknown)
Suyudi, Suyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai unsur intrinsik puisi serta analisis hermeunetika puisi "when I was one and twenty" karya AE houseman. Penelitian ini menggunakan konsep hermeneutika untuk menganalisa puisi yang berjudul when I was one and twenty karya A E housman tersebut. Dalam konsep pemaknaan hermenetika maka puisi akan di analisis dengan tahapan-tahapan atau langkah-langkah analisis hermeneutika oleh Paul Ricoeur. Adapun tahapan-tahapan yang digunakan dalam menganalisis puisi Dengan menggunakan teori Paul Ricoeur adalah sebagai berikut: 1) puisi ditempatkan sebagai teks yang otonom, 2) mengklasifikasikan lapis simbol dalam puisi; 3) mengaitkan simbol dengan sesuatu di luar teks; dan 4) memaknai teks. 4 langkah-langkah tersebut digunakan untuk memaknai simbol-simbol puisi di dalam puisi when I was one and twenty oleh A E Housman. Melalui langkah-langkah tersebut maka kita akan mampu mendapatkan makna puisi dengan komprehensif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa puisi when I was want and twenty yang ditulis oleh AE houseman menggunakan simbol crowns, pound, Guiness, pearls, rubies sebagai sesuatu yang seharusnya diberikan untuk sang kekasih, bukan ikatan atau komitmen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...