JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Persepsi dan Praktek Guru Sekolah Menengah Atas pada Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Menggunakan Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge di Banten

Fatoni, Ana Utami (Unknown)
Baqi, Fuad Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami persepsi dan praktek guru mata pelajaran Bahasa Inggris di Banten dengan melihat pada pengetahuan materi, pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, pengetahuan pedagogi dan materi, pengetahuan teknologi dan materi, pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi serta pengetahuan tentang teknologi pedagogi dan materi.  Analisis yang digunakan adalah Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) yang terbagi dalam aspek-aspek tersebut, seperti Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Knowledge (TK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Content Knowledge (TCK), Pengetahuan Pedagogis Teknologi (TPK), dan Pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi (TPCK). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan mengumpulkan informasi tentang guru bahasa Inggris di beberapa sekolah di kabupaten dan kota di Banten secara acak sebagai responden. Jawaban guru tentang pembelajaran online yang dilakukan dikumpulkan dengan memasukkan MGMP setiap kota dan kabupaten di Banten. Setelah itu peneliti menjelaskan analisis yang akan digunakan, memberikan kuisioner, kemudian menganalisis jawaban kuisioner tersebut. Hasil penelitian menggambarkan persepsi dan praktik pembelajaran online di Banten tinggi. Hal ini terlihat dari analisis ketujuh aspek TPACK yang dikategorikan sebagai respon ‘tinggi’ hingga ‘sangat tinggi’. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dan praktik pembelajaran online di kalangan guru bahasa Inggris di Banten diyakini sebagai salah satu proses belajar-mengajar dan memiliki kesiapan untuk menyelenggarakan pembelajaran online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...