JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penggunaan Absensi Fingerprint bagi Disiplin Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu Kabupaten Gorontalo

Poloalo, Ayudia (Unknown)
Moonti, Usman (Unknown)
Ardiansyah, Ardiansyah (Unknown)
Ilato, Rosman (Unknown)
Mahmud, Melizubaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan absensi fingerprint dalam mendisiplinkan tenaga pendidik terutama dalam disiplin waktu (2) untuk mengetahui faktor apasaja yang dapat mempengaruhi penerapan absensi fingerprint dalam mendisiplinkan tenaga pendidik terutama dalam disiplin kehadiran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan menunjukan bahwa penggunaan absensi fingerprint di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu Kabupaten Gorontalo sudah baik terlebih dalam mendisiplinkan tenaga pendidik terutama dalam disiplin kehadiran, hal ini bisa dilihat dari ketepatan waktu tenaga pendidik dalam melakukan absensi dngan menggunakan absensi fingerprint,hal ini dikarenakan mesin absensi fingerprint sudah diatur waktu kedatangan dan waktu keluar sehingga membuat tenaga pendidik harus datang tepat waktu untuk melakukan absensi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...