JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Patterns of Parent's Assistance in Independence and Authenticity of PAI Learning During Pandemic Review from Parents' Education Level

Maesaroh, Siti (Unknown)
Hariyadi, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pola pendampingan orang tua kepada anak dalam pembelajaran PAI daring; (2) menjelaskan bahwa tingkat pendidikan orang tua berhubungan dengan pola pendampingan anaknya dalam pembelajaran PAI daring; (3) menjelaskan pengaruh pola pendampingan orang tua terhadap kemandirian belajar anak pada mata pelajaran PAI; dan (4) menjelaskan keaslian hasil belajar anak pada mata pelajaran PAI di masa pandemi. Peneliti menggunakan studi kasus kualitatif dalam penelitian ini. Dengan menggunakan purposive sampling, sampel penelitian yang diambil adalah 3 siswa kelas 2 SD Kemetul beserta orang tuanya, 3 siswa kelas 4 SD Kenteng beserta orang tuanya, dan guru PAI yang mengajar di kelas tersebut. Peneliti telah melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Data tersebut kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu mendengarkan dan membaca data; menyalin rekaman dan meringkas hasil wawancara; pengkodean; analisis data; dan interpretasi data. Dari hasil penelitian peneliti menemukan bahwa sebagian besar orang tua telah menerapkan pola pendampingan kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Namun peneliti melihat bahwa pola pendampingan orang tua kepada anak dalam pembelajaran PAI di masa pandemi kurang optimal. Berdasarkan latar belakang pendidikan orang tua, peneliti menemukan bahwa semakin tinggi pendidikan orang tua maka semakin beragam dan sesuai dengan pola pendampingan belajar yang ideal. Pola pendampingan orang tua juga mempengaruhi kemandirian anak dalam pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...