Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 8, No 1 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Giawa, Sozanolo (Unknown)
Sigiro, Mula (Unknown)
Pardede, Hebron (Unknown)
Turnip, Herman Alfredo (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi IPA di kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Medan. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Koooperatif tipe Two Stay Two Stray menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (actioan research), yang dilaksanakan dalam II Siklus. Setiap siklus memiliki tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan dengan jumlah keseluruhan 28 peserta didik. Pada pelaksanaan tindakan siklus I di dapatkan hasil yaitu 15 peserta didik tuntas KKM 70 dengan nilai rata-rata 53,57% dan 13 peserta didik lainnya belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata  46,43%. Sedangkan tindakan siklus II, didapatkan hasil yaitu 23 peserta didik tuntas KKM 70 dengan nilai rata-rata 82,15% dan 4 peserta didik lainnya belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 17,85%. Maka dalam hal ini di simpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...