Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 8, No 2 (2022)

Analisis Kemampuan Representasi Matematik dan Gambar Siswa SMAN 1 Jember pada Materi Suhu dan Kalor

Faradila, Alifa (Unknown)
Mahardika, I Ketut (Unknown)
Bektiarso, Singgih (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2022

Abstract

Pembelajaran dalam fisika menjelaskan materi yang terdiri dari banyak konsep dan teori yang harus dipahami oleh siswa . P enguasaan konsep fisika siswa  yang  masih rendah  karena konsep yang bersifat abstrak Multirepresentasi merupakan suatu cara menyajikan berbagai representasi dalam menanamkan suatu konsep agar mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori kemampuan multirepresentasi  yang terdiri dari representasi matematik dan representasi gambar pada siswa XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Jember materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunkan yaitu penelitian deskriptif.Hasil dari penelitian diperoleh kemampuan representasi matematik dan gambar sama-sama berkategori baik dengan besar kemampuan representasi matematik 74,00 persen, lebih tinggi sedikit dibandingkan kemampuan representasi gambar yaitu 70,1 persen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...