Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Pengaruh Penggunaan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow

Rahma Blongkod (Universitas Negeri Gorontalo)
Radia Hafid (Universitas Negeri Gorontalo)
Melizubaida Mahmud (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik dengan bantuan SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku teks memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow. Dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar 0,210 yang berarti bahwa sebesar 21% variabel mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow dapat diterangkan oleh penggunaan buku teks, sedangkan sisanya sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...