Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Promosi Rumah Pintar Adiba Palembang

Dewie Hartati Handayani (Universitas Panca Sakti)
Sri Watini (Universitas Panca Sakti)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan TV Sekolah yang digunakan sebagai media promosi. Secara lebih utuh penelitian ini melakukan komparasi antara promosi yang dilakukan dengan model konvensional dengan promosi yang dilakukan dengan media TV Sekolah. Penelitian dilaksanakan di lembaga pendidikan non formal Rumah Pintar adiba (RPA) Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sebuah fenomena yang menjadi objek penelitian. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik: 1. Observasi 2. Wawancara 3. Dokumentasi terhadap guru RPA, orang tua siswa. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa pemanfaatan TV sekolah dapat memberikan efek positif terhadap Rumah Pintar Adiba. Efek positif ini ditunjukkan ke dalam dua bentuk, yakni: Pertama, penambahan jumlah siswa sekitar 100-200 %. Kedua, ketertarikan orang tua terhadap promosi TV sekolah yang disajikan oleh RPA. Dalam hal ini orang tua menberikan respon positif dengan tayangan TV Sekolah Rumah Pintar Adiba yang mampu mengilustrasikan perkembangan belajar anaknya, sehingga umumnya mereka mendorong anaknya belajar di RPA dan turut mempromosikan RPA ke pihak luar. Dengan demikian peneliti menyimpulkan TV sekolah dapat menjadi sarana efektif bagi promosi RPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...