Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi yang Efektif di RA Senyum Muslim

Neneng Yulianah (Universitas Pancasakti)
Sri Watini (Universitas Pancasakti)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Kajian ini mendiskripsikan terkait peran TV sekolah sebagai media pembelajaran dan komunikasi yang efektif di RA Senyum muslim. TV merupakan media sosial sebagai sarana penyiaran dalam bentuk gambar-gambar yang disertai suara atau bunyi, sehingga menghasilkan suatu tontonan yang menarik, menghibur dan edukatif bagi kalangan anak-anak hingga dewasa. TV Sekolah Fordorum dikembangkan oleh Dr. Sri Watini (CEO) Drs. Karnadi, MRDM (CIO) dan Sigit W. Triwibowo, S.Sn (CTO). TV Sekolah ini memiliki beberapa fitur antara lain Panggung Sekolah, Perpustakaan Digital, Kelas Virtual dan Bazar Sekolah sedang dalam proses pengembangan. Peran TV Sekolah sebagai media pembelajaran dan komunikasi yang efektif di RA Senyum Muslim, merupakan media yang sangat ampuh (apowerful medium) dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat secara serempak. Selain itu, mempunyai potensi untuk penetrasi dalam mempengaruhi sikap, kreativitas, motivasi, pandangan, gaya hidup, dan orientasi masyarakat. Bahkan tak kalah pentingnya siaran televisi juga memiliki potensi untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan/pembelajaran. Dengan demikian, siaran TV merupakan salah satu bentuk sumber belajar dan pempelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kajian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data secara universal, Observasi serta tanya-jawab kepada responden di RA Senyum Muslim.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...