Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Pengaruh Media Lagu Terhadap Perilaku Kebiasaan Baru Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 Pada Anak Sekolah Dasar

Wasis Nugroho (wasisnugroho1@gmail.com)
Aminudin Muhammad (Poltekkes Kemenkes Ternate)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Masalah penularan wabah pandemik Covid-19 hingga kini masih ada, Hal ini menuntut agar kita dapat mengatur kebiasaan baru dalam pencegahan penularan virus tersebut sehingga kehidupan masyarakat terus sehat bisa belajar dan produktif. Metode bernyanyi merupakan salah satu metode yang bisa menggontrol dan mengamati setiap dari perkembangan anak. Menyanyi dapat membuat belajar menjadi lebih menyenangkan anak dan tidak cepat merasa bosan, sehingga informasi akan mudah ditangkap. Cara menyampaikan pendidikan kesehatan kepada anak yaitu harus sesuai dengan usia dan perkembangan yang sedang ia tempuh agar anak mampu menangkap materi dan mengikuti apa yang diajarkan kepada mereka. Tujuan penelitian ingin mengetahui pengaruh media lagu terhadap perilaku kebiasaan baru dalam mencegah penyebaran Covid-19 pada anak sekolah dasar. Metode penelitian kuantitatif Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial. desain penelitian pra-eksperimantal dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel adalah anak sekolah dasar sebanyak 30 orang. Penilaian perilaku meliputi pengetahuan, sikap dan Tindakan dengan menggunakan Kuesioner dan lembar observasi. Uji Bivariat dengan menggunakan Z-tes. Hasil uji dua pihak α=0,05 diperoleh nilai yakni; -24,2, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil sebelum dan sesudah diberikan. Instansi pendidikan terkait dapat menggunakan metode media lagu sebagai upaya dalam pencegahan resiko penularan Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...