Meyarsa:Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah
Vol. 3 No. 2 (2022)

Representasi Kecantikan pada Iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020

Malahayati, Nurul (Unknown)
Islamiyati, Rosi (Unknown)
Mizwar Hasyim, Nanang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Kajian ini menyoal tentang representasi kecantikan pada iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020. Di tengah fenomena iklan produk kecantikan menawarkan standar kecantikan dengan orientasi kecantikan fisik, berbeda dengan iklan produk Somethinc. Model analisis semiotika Charles Sanders Pierce yakni triangle meaning digunakan untuk mendefiniskan tanda yaitu representamen, objek dan Interpretan yang difokuskan pada visual gambar dan bahasa teks. Kajian diharapkan mampu mengeksplorasi representasi kecantikan dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecantikan pada iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020 direpresentasikan dengan kepercayaan diri dan tidak menghiraukan penilaian orang lain. Sebagai anugerah Tuhan sejak perempuan dilahirkan maka kecantikan tidak didasarkan pada warna kulit, jenis rambut dan lain-lain. Kecantikan juga didefinisikan menjadi dirinya sendiri dan mereka yang berjiwa sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

meyarsa

Publisher

Subject

Religion Arts Social Sciences

Description

MEYARSA is a peer-reviewed journal available in print (ISSN 2721-8082) and online (E-ISSN 2722-2918) and published twice a year. This statement clarifies ethical behaviour of all parties involved in the act of publishing an article in this journal, including the author, the chief editor, the ...