Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3, No 3 (2022): Edisi Oktober

PENGEMBANGAN USAHA KRIPIK PISANG PARA ANGGOTA KATEGORI PERINTIS DI UMKM GALERI LEBAK BANTEN DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMASARAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Zulfitra Zulfitra (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Sahroni Sahroni (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Sugiyanto Sugiyanto (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Juhaeri Juhaeri (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Elang Kristi Andhika (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Nur Wijayanti (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Siti Chodijah (Magister Manajemen Universitas Pamulang)
Susanti Susanti (Magister Manajemen Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarkat bermitra dengan UMKM Galery yang berlokasi di Jalan TB Surya Atmadja, Rangkasbitung Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Mitra merupakan kelompok yang memiliki anggota sebanyak 25 Kelompok (anggota 60-80 orang per UMKM nya), Usaha yang dijalankan diantaranya yaitu pembuatan keripik pisang seperti sale, aneka jamu- jamuan atau herbal seperti jahe, seher, dan sebagainya. Tujuan umum dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah porsi pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku UMKM yang tetap mengiklankan produknya secara offline atau konvensional, seperti mengikuti acara, menitipkan di galeri, atau menerima pesanan dari pihak tertentu. Dengan demikian, ruang lingkup promosi produk masih cukup sempit, sehingga menghambat perkembangan bisnis dengan baik. Hal mendasar yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pemasaran produk adalah melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan bagi pengelola UMKM Galery dengan anggota yang tergabung dalam UMKM Galeri kategori perintis dengan bidang usaha keripik pisang, yang dikemas dengan nama kegiatan” Pengembangan Usaha Kripik Pisang Para Anggota Kategori Perintis di UMKM Galeri Lebak Banten Dengan Menerapkan Strategi Pemasaran Pada Marketplace Shopee”. Adapun metode yang dilaksanakan dalam program pengabdian kepada masyarkat ini yaitu dengan tahap persiapan, survey & penyampaian materi secara langsung dan simulasi serta diskusi tanya jawab tentang Strategi pemasaran pada Marketplace Shopee.Kata Kunci: Manajemen, Strategi Pemasaran, UMKM

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Fokus Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah berkaitan dengan hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Energi, Teknologi informasi dan komunikasi, Hukum dan kebijakan publik, Sosial humaniora dan seni budaya, Ekonomi, Peningkatan kesejahteraan masyarakat, ...