Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran dalam bentuk permaian edukatif mata pelajaran Biologi jenjang sekolah menengah atas menggunakan aplikasi android. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RND) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, and Dissemination). Berdasarkan model 4D, dihasilkan produk permainan edukatif berbasis android yang telah diuji menggunakan blackbox testing dan uji kelayakan sistem oleh para ahli. Hasil pengembangan dan pengujian produk menampakkan bahwa game edukasi mata pelajaran Biologi jenjang SMA berbasis android layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil implementasi massal yang dilakukan di lingkungan sekolah (SMA Negeri 4 Palopo) yang melibatkan guru dan peserta didik didapatkan informasi bahwa aplikasi game edukasi mudah digunakan dan aplikasinya bisa disebarluaskan walau aplikasinya belum bisa diakses di platform umum seperti Google Play atau Play Store.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022