Kepemimpinan transformasional adalah kemampuan kepala sekolah untuk mempengaruhi orang lain agar dapat menyelesaikan tujuan yang diharapkan oleh seseorang atau organisasi. supervisi klinis diartikan sebagai bentuk bimbingan yang bertujuan untuk meningkatan profesionalitas guru berdasarkan kebutuhannya melalui siklus yang sistematis dimulai dari perencanaan, observasi kelas dan pertemuan balikan secara obyektif tentang penampilan mengajar yang nyata. Kinerja guru adalah bentuk perwujudan dari hasil kerja, unjuk kerja dan prestasi kerja yang sesuai dengan aturan norma dan etika yang telah disepakati. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja; 2) menganalisis pengaruh supervisi klinis terhadap kinerja; dan menganalisis pengaruh kepemimpinan trasnformasional dan supervisi klinis secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Model kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi. Pengujian menggunakan SPSS 22.0. Sampel penelitian berjumlah 136 guru diperoleh dengan metode random sampling teknik slovin. Hasil uji t diperoleh taraf signifikansi variabel kepemimpinan transformasional sebesar 0,000 dan supervisi klinis sebesar 0,000 < 0,005 artinya terdapat pengaruh kedua variabel terhadap variabel kinerja guru. Hasil uji F menunjukkan nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,005 artinya bahwa variabel kepemimpinan transformasional dan supervisi klinis secara bersama-sama dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,447 atau sebesar 44,7 %. Hal ini berarti bahwa sebesar 44,7 % variasi yang terjadi pada variabel kinerja guru dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel kepemimpinan transformasional dan supervisi klinis. Sementara itu 55,3 % merupakan kontribusi variabel bebas lainnya. Kesimpulannya adalah bahwa secara bersama-sama dan signifikan variabel kepemimpinan transformasional dan supervisi klinis berpengaruh terhadap kinerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022