EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGARITMA BERDASARKAN NEWMAN DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL ABSTRAK

lusi yulia citra (Unknown)
Dwi Rahmawati (Unknown)
Ira Vahlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kesalahan siswa berdasarkan teori Newman yang ditinjau dari gaya berpikir sekuensial abstrak dalam penyelesaian soal logaritma pada siswa kelas X dan mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menjawab soal berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penentuan subjek menggunakan teknik puposive sampling. Instrumen pengumpulan datamenggunakan lembar tes tertulis, angket gaya berpikir dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 kesalahan yang dilakukan siswa sekuensial abstrak dalam menyelesaikan soal logaritma berdasarkan teori newman yakni: 1) kesalahan memahami masalah, enyebab kesalahan memahami adalah siswa belum sepenuhnya memahami soal, serta merasa tergesa-gesa karena ingin cepat menyelesaikan soal yang diberikan. 2) kesalahan transformasi, penyebab kesalahan transformasi adalah siswa gagal memahami masalah sehingga siswa kebingungan saat menyelesaikan soal, serta siswa tidak bisa menentukan rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan masalah. 3) kesalahan keterampilan proses, penyebab kesalahan keterampilan proses adalah siswa terburu-buru dan kurang teliti dalam melakukan perhitungan dan 4) kesalahan penulisan jawaban akhir, penyebab penulisan jawaban akhir yakni karena subjek kurang teliti dalam menyelesaikan soal, serta tidak biasanya siswa untuk mengecek kembali jawaban yang sudah diperolehnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emteka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal penelitian di bidang pendidikan matematika memiliki fokus dan ruang lingkup R&D, Kuantitatif, Kualitatif, Korelasi dan Regresi, ICT based learning or IR 4.0, Scientific learning, Realistic Mathematics Education, Contextual Learning, Islamic studies on ...