Penelitian ini di laksanakan di Desa Terapung Kecamatan Mawasangka Induk Kabupaten Buton Tengah terhadap nelayan penangkap ikan teri pada Bulan Februari 2021. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pola saluran pemasaran ikan teri kering hasil tangkapan nelayan, jumlah margin, farmer share, dan efisiensi pemasaran. Data yang di kumpulkan berupa data primer dan data sekunder dengan metode wawancara dan dokumentasi selanjutnya di analisis dengan cara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola saluran pemasaran ikan teri kering di Desa Terapung ada 3, yaitu Pola saluran pemasaran I dari nelayan ke konsumen. Pola saluran II dari nelayan ke pengumpul kemudian ke konsumen. Serta pola saluran pemasaran III dari nelayan ke pengumpul kemudian ke perusahaan. Saluran Pemasaran I Jumlah margin Rp. 0, Farmer share 100% dan keuntungan Rp.0. Pola pemasaran II Jumlah margin Rp.10.000, Farmer share 60% dan keuntungan Rp.9.880. Pola pemasaran III jumlah margin Rp.19.500, Farmer share 56 % dan keuntungan Rp.17.650 Pola Saluran I,II dan II tergolong efisien karena memiliki farmer share lebih dari 50% yaitu 100%, 60% dan 56%. Kata Kunci : Pola pemasaran, farmer share dan efisiensi
Copyrights © 2022