Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2022

Motivasi Peningkatan Disiplin Kerja melalui Pemberian Reward pada Guru SDN Kalaki

Muhammad Ali (Pengawas SD Kabupaten Bima)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Disiplin adalah suatu keadaan tertib dimana orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang ada dengan senang hati. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan pada dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah guru SDN Kalaki dengan jumlah 21 orang. Setelah pemberian Reward terhadap guru untuk memotivasi guru dalam meningkatkan disiplin kerja, terjadinya peningkatan disiplin guru dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan setiap siklusnya. Siklus 1 jumlah guru yang dinyatakan sudah mentaati disiplin waktu masuk mengajar sebanyak 6 orang guru dengan prosentase 28,57%. Sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan yang kuat ditandai dengan meningkatnya jumlah guru yang sudah mentaatikan disiplin waktu masuk mengajar di kelas yaitu 18 orang dengan prosentase 85,71%. Setelah melakukan Siklus 1 dan Siklus 2, perbandingan persentase kenaikan jumlah guru yang sudah mentaati disiplin kerja dari kedua siklus sebanyak 57,14%. Indikasi adanya keseriusan para guru dalam mentaati waktu masuk mengajar di kelas, sehingga dapat disimpilkan bahwa pemberian Reward bagi guru dalam meningkatkan kedisiplinan waktu masuk jam mengajar di kelas sangat efektif dan perlu di kembangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...