Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif siswa materi uji zat makanan di SMA Al-Quran Wahdah Islamiyah Kendari. Jenis penelitian ini quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Kendari pada semester genap 2021/2022 berjumlah 41 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk memberikan gambaran tentang hasil belajar kognitif dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata- rata yakni 83,38 dan kelas kontrol 73,25. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thit = 4,28 lebih besar dari ttab = 2,02 pada tingkat signifikan 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh video praktikum terhadap hasil belajar kognitif siswa materi uji zat makanan.
Copyrights © 2022