Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022):

PRAKTIKUM BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA AL-QUR’AN WAHDAH ISLAMIYAH KENDARI

Aisyah, Aisyah (Unknown)
Sirih, M (Unknown)
munir, Asmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif siswa materi uji zat makanan di SMA Al-Quran Wahdah Islamiyah Kendari. Jenis penelitian ini quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Kendari pada semester genap 2021/2022 berjumlah 41 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk memberikan gambaran tentang hasil belajar kognitif dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata- rata yakni 83,38 dan kelas kontrol 73,25. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thit = 4,28 lebih besar dari ttab = 2,02 pada tingkat signifikan 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh video praktikum terhadap hasil belajar kognitif siswa materi uji zat makanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...