Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022):

MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEMANFAATKAN RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Mahmudah, Enik Ismi (Unknown)
Arifin, Kasman (Unknown)
Ede, Suriana Gende (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Model pembelajaran Flipped Classroom adalah salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh kemendikbud untuk mendorong guru menerapkan model pembelajaran berbasis elektronik (e-learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian disetting menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Konawe yang berjumlah 32 siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang terdiri dari hasil belajar kognitif siswa, aktivitas mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar (KKM) siswa sebesar 75% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II dari KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 80% siswa mencapai skor 72. Selain itu, aktivitas mengajar guru meningkat lebih baik seiring diberikannya refleksi setiap pertemuan dari setiap siklus,  diikuti oleh aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran juga meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...