Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2022)

ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

Anita Anita (Universitas Halu Oleo)
Awaludin Awaludin (Universitas Halu Oleo)
Rahmad Prajono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lapandewa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan Newman dan faktor penyebab kesalahan tersebut terjadi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis dan wawancara. Adapun pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lapandewa dalam menyelesaikan soal cerita teorema phytagoras berdasarkan tahapan Newman yaitu kesalahan memahami (compherension), kesalahan transformasi (transformation), kesalahan keterampilan proses (process skill) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (enconding). Adapun faktor penyebab kesalahan tersebut terjadi adalah kurangnya penguasaan materi teorema phytagoras, lupa, kurang teliti dan terburu-buru dalam mengerjakan soal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...