JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendas: Pendidikan Dasar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS III SD NEGERI PIGARAJA

Apridayani Marasabessy (STKIP Kie Raha)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang konsep keliling dan luas persegi panjang di kelas III SD Negeri Pigaraja. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep keliling dan luas persegi panjang melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas III SD Negeri Pigaraja. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian mi adalah siswa kelas III SD Negeri Pigaraja sebanyak 15 siswa yang terdiri dan 10 orang lakilaid dan 5 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan data awal siswa yang kategori tuntas 5 orang atau presentase ketuntasan kiasikal 33,3%. Pada sikius I banyak siswa yang tuntas 7 orang, presentase ketuntasan klasikal 46,7%. Penelitian dilanjutkan pada tindakan sikius II menunjukkan peningkatan menjadi siswa yang tuntas 13 orang dengan presentase ketuntasan kiasikal 86,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep keliling dan luas persegi panjang di kelas III SD Negeri Pigaraja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar) adalah terbitan ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Kie Raha Ternate. Melalui jurnal ini, para peneliti, penulis, guru, dan dosen di lingkup Pendidikan Guru Sekolah Dasar diajak untuk saling berbagi hasil ...