JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
Vol 3 No 2 (2022)

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA PADA ASPEK BERNALAR KRITIS DAN KREATIF DI SMPIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG

ahmad muhlisin (Universitas Tidar)
jiantika Rahmawati (Universitas Tidar)
Rina Rahayu (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penerapan nilai dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu upaya penguatan karakter siswa. Upaya tersebut linier dengan komitmen Kemendikbud dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia yang berkarakter baik dengan kompetensi yang dapat bersaing secara global dan mencerminkan nilai luhur Pancasila di setiap perilakunya. Hasil studi pendahuluan pada kegiatan pembelajaran IPA di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang menunjukkan rendahnya karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif siswa. Perlu adanya alternatif desain pembelajaran yang mampu mengakomodasi karakter Pelajar Pancasila pada aspek keterampilan bernalar kritis dan kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Learning Development Cycle (LDC). Siklus model penelitian ini meliputi tahap scope, creation, user experience, meta evaluation, dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan produk hasil pengembangan berupa desain pembelajaran IPA dalam meningkatkan karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif. Deskripsi produk ditinjau berdasarkan data yang diperoleh yaitu hasil validasi produk yang diberikan oleh para ahli dengan kriteria valid apabila mencapai kategori valid-sangat valid, data hasil keefektifan ditinjau dari ketercapaian indikator bernalar kritis dan kreatif melalui pretest dan posttest dengan kriteria efektif jika mencapai kategori sedang-tinggi, dan kepraktisan ditinjau berdasarkan penilaian keterlaksanaan oleh observer dengan kriteria praktis jika mencapai kategori praktis-sangat praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain instruksional pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan perolehan nilai validasi isi sebesar 4,00 dan validasi konstruk sebesar 4,18, dinyatakan efektif pada kategori sedang dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,40, dan dinyatakan sangat praktis berdasarkan penilaian keterlaksanaan aktivitas guru dengan persentase 88,12% dan aktivitas siswa dengan persentase sebesar 84,93%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ...