MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi
Vol. 3 No. 2: Oktober 2022

Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Memahami Materi Persamaan Linear Dua Variabel

Misel Tambariki (Universitas Negeri Manado)
Jorry F. Monoarfa (Universitas Negeri Manado)
James U.L. Mangobi (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi persamaan linear dua variabel siswa di kelas VII SMP Kristen Ranotongkor. Hipotesis penelitian ini Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan memahami materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Kristen Ranotongkor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes. Teknik analisis data dari hasil tes kemampuan memahami materi menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan uji statistic menggunakan uji-t pada taraf 5% (α = 0,05). Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data t didapat thitung = -1,287 dan untuk nilai t(tabel) = t(0,05, 22) = 1,717. Karena thitung ≤ ttabel yaitu -1,287 ≤ 1,717, maka terima H1 dan tolak H0. Sehingga dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kecil pembelajaran daring terhadap kemampuan memahami materi sistem persamaan linear dua variabel. Nilai rata-rata dari hasil tes kemampuan memahami materi sistem persamaan linear dua variabel adalah 61,70.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

marisekola

Publisher

Subject

Mathematics

Description

1) Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2) Desain Pembelajaran Matematika, 3) Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Matematika, 4). Media Pembelajaran Matematika, 5) Evaluasi Pembelajaran Matematika, 6) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika, 7) Kreativitas dan ...