Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 3 No. 2 (2022)

Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Praktikum IPA Materi Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dini Husniarti (IKIP PGRI Pontianak, Indonesia)
Soka Hadiati (IKIP PGRI Pontianak, Indonesia)
Lia Angraeni (IKIP PGRI Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik dan respon siswa terhadap penggunaan modul elektronik berbasis problem based learning (PBL) pada praktikum IPA materi listrik statis dalam kehidupan sehari-hari di kelas IX. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model rancangan ADDIE, yang dimodifikasi yaitu (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pengembangan yaitu empat validator. Subjek ujicoba produk yaitu siswa kelas IX A SMP N 2 Sungai Ambawang. Teknik pengumpul data menggunakan komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Teknik analisis data untuk kelayakan modul elektronik menggunakan skor penilaian ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data untuk respon siswa terhadap penggunaan modul elektronik menggunakan skala likert. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor yaitu 86% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media diperoleh rata-rata skor 65% dengan kriteria layak, dan hasil respon siswa diperoleh rata-rata skor 79% dengan kriteria respon baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...