Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET)
Vol 3 No 2 (2022): JULIET Volume 3 Number 2

Positive Politeness Strategies In Classroom Interaction at EFL Class

Sherly Adhari (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yendra (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Sesmiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tuturan kesantunan positif yang digunakan guru dan siswa dalam melakukan interaksi di kelas dalam pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini termasuk dalam metode deskriptif-kualitatif. Peneliti melakukan penelitian pada kelas XI jurusan IPA dan PK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sembilan strategi kesantunan positif. Jumlah total data yang ditemukan adalah 49. Hasil analisis mengungkapkan bahwa Notice attend to hearer ada 6 data, Intensify interest to hearer 9 data, Identify Markers 2 data, Seek Agreement 16 data, Avoid Disagreement 5 data, Be Optmistic 2 data, Include both speaker and hearer 1 data, Give or ask reason 3 data dan Give gifts to hearer 4 data. Data yang paling banyak ditemukan adalah Seek Agreement dan data yang paling sedikit adalah Include both speaker and hearer.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar siswa dan guru menggunakan strategi kesantunan positive dalam bertutur kata dalam diskusi dikelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juliet

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET) was published in 2020. The Juliet encourages submission of previously unpublished articles on topics of significance to individuals concerned with English language teaching (ELT), linguistics in ELT, and literature in ...