Jurnal Pendidikan
Vol 4 No 2 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Questions Student Have (QSH) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP

B Erdiansyah Putra (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Jenis penelitian ialah Eksperimen dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Diperoleh populasi 4 kelas berjumlah 98 siswa, kelas VIII1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol, keseluruhan sampel berjumlah 50 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan hasil belajar siswa. Dan untuk menganalisis data dalam penelitian adalah dengan menggunakan rumus uji – t pada taraf signifikan 5%. Setelah dilakukan analisa data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 78,58 dan pada kelas kontrol 67,71 serta diperoleh pula thitung sebesar 2,35 pada taraf signifikan 5%uji dua pihak dk= (n1 + n2 )- 2 = 48 maka diperoleh ttabel = 2,07 thitung > thitung (2,35 > 2.07 ). Ha diterima dan Ho ditolak ,artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar matematika pada sub pembahasan fungsi siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Bima

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...