Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampunan dasar yang harus dikuasai siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk melihat hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII di salah satu SMP di Lubuk Basung. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemandirian belajar siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan arah hubungan positif sebesar 0,845, artinya semakin baik kemandirian belajar maka akan baik juga kemampuan pemahaman konsep matematis. The ability to understand mathematical concepts is a basic ability that must be mastered by students. This study uses a correlational approach that aims to see the relationship between understanding mathematical concepts and student learning independence in class VIII one of the SMP in Lubuk Basung. The sampling technique uses simple random sampling. The instruments used were tests of understanding mathematical concepts and questionnaires for student learning independence. The data analysis technique used is simple linear regression analysis. Based on the results of the study, it can be concluded that there is a relationship between student learning independence and the ability to understand mathematical concepts with a positive relationship direction of 0.845, meaning that the better the independent learning, the better the ability to understand mathematical concepts.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022