JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen
Vol 2 No 2 (2022): JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Menu terhadap Kepuasaan Konsumen

Luffy Gaeiya Tanjung (Unknown)
Lumban Aritonang (Unknown)
Madiha Khairat Ritonga (Unknown)
Syifa Alhusna (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas Pelayanan terhadap café tenank. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen café tenank medan. Sampel yang dilakukan sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan dan ketepatan makanan dan minuman yang dipesan, fasilitas pendukung, sikap ramah karyawan terhadap konsumen, jaminan kenyamanan dan kebersihan cafe atau kinerja karyawan sangat berpengaruh terhadap berkembangnya suatu café. Menurut konsumen Café tenank Medan tentang menu yang disediakan di café yang penilaian telah mencapat 80,04% dari Harapan. Sedangkan kualitas pelayanan menurut konsumen telah mencapai 80,2% dari yang diharapkan konsumen. Sehingga tingkat kepuasan konsumen mencapai 82,54% dari analisis korelasi menu dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dari R= 0,777; sehingga ada kontribusi 60,4% dari variabel menu dan kualitas pelayanan untuk kepuasan konsumen. Dari hasil pendekatan analisis regresi linier berganda terbukti bahwa kualitas pelayanan dan menu berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan model regersi Y = 21,533 + 0,212 X1 + 1,735 X2. Pengeruh menu yang tersedia di café tenank medan lebih tinggi daripada kualita pelayanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKM

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Library & Information Science

Description

JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (Online ISSN: 2774-2075) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah Enrekang bekerjasama dengan Forum Dosen Riset STMIK/STIE Insan Pembangunan dan Ikatan Doktor ...