Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 4 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nafilah Khairunnisa (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka)
Ika Yatri (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Tahun 2020 adalah munculnya virus Covid-19 di Indonesia. Kasus virus Covid-19 merubah sistem pembelajaran di seluruh dunia. akibat dari masa pandemic Covid-19 peserta didik kelas IV mengalami penurunan pada kemampuan membaca pemahaman. Seiring berjalannya waktu kasus Covid-19 mereda, hal ini membawa pengaruh baik terhadap sistem pembelajaran, karena kebijakan pemerintah mulai menerapkan sistem pembelajaran tatap muka 50% dan e-learning 50%. model pembelajaran blended learning sangat cocok diterapkan pada proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas IV SDN Lenteng Agung 07. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SDN Lenteng Agung 07 yang terdaftar sebagai peserta didik pada semester genap tahun ajaran 2021-2022. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas eksprimen dan kelas kontrol, di ambil menggunakan teknik cluster random sampling. kelas ekperimen terdiri dari 30 peserta didik dan kelas kontrol terdiri dari 30 peserta didik. kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran blended learning, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvensional. instrument pada penelitian ini berupa test (posttest only), yaitu berupa 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal essay. hasil posttest kelas eksperimen sebesar 82,93 dan kelas kontrol sebesar 58,96. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada pebelajaran blended learning terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas IVdilihat dari hasil akhir pengujian Effect Size dan diperoleh Effect Size sebesar 3.9949.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...