Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 22, No 2 (2022)

Pengembangan Kompetensi Pedagogical Content Knowledge pada Mahasiswa Calon Guru dalam Kegiatan Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di Global Islamic Boarding School Yayasan Hasnur Centre

Dipa Suharto (Unknown)
Encep Syarief Nurdin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Bagja Waluya (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan salah satu dari empat kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru. Penguasaan kompetensi PCK menjadi penting karena dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik. Dengan demikian, mahasiswa calon guru sebagai calon pendidik tentu harus mulai mengembangkan kompetensi ini sebelum berkarier sebagai seorang guru profesional. Magang Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan program pengembangan kompetensi karier mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI. Berkolaborasi dengan Global Islamic Boarding School Yayasan Hasnur Centre, program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka mengadakan magang di bidang pengembangan kompetensi mahasiswa calon guru. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi mahasiswa calon guru dalam program magang bersertifikat di GIBS Yayasan Hasnur Centre. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari proses pengembangan kompetensi yang diselenggarakan, terdapat perkembangan kompetensi Pedagogical Content Knowledge pada mahasiswa calon guru setelah mengikuti program magang bersertifikat kampus merdeka di Global Islamic Boarding School, Yayasan Hasnur Centre.Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge, Mahasiswa Calon Guru, Magang

Copyrights © 2022