Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 2 No. 4: September 2022

WEBSITE OF PHYSICS INSTRUCTIONAL (WOPI): BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI

Lari Andres Sanjaya Sanjaya (Department of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Dalam beberapa dua tahun terakhir, sistem pendidikan di Dunia, khususnya di Indonesia mulai beradaptasi dengan distance learning dan blended learning. Hal ini melahirkan banyak implementasi teknologi dalam Pendidikan khususnya pembelajaran di masa COVID19. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan bantuan website untuk pembelajaran Fisika di masa pandemi yang disebut oleh pemerintah dengan BDR (Belajar daru Rumah). Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian FODEM (Formative Development Method) yang terdiri dari tiga tahapan pada tiap seiklusnya, yaitu Need Analysis (NA), Implementation (I), dan Formative Evaluation (FE). Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa e-modul yang diberi nama WoPI (Website of Physics Instructional) pada materi dimanika rotasi untuk pembelajaran di tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas). WoPI diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam penyelenggaraan BDR, hal ini terlihat dari hasil validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran yang mendapat skor rata-rata dengan predikat sangat layak. Penelitian ini sangat perlu dilanjutkan terutama untuk mengetahui efektifitas WoPI dalam pembelajaran dan pengembangan WoPI pada materi lainnya untuk mendukung pembelajaran fisika di masa COVID19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...