Jendela Pendidikan
Vol 11 No 2 (2022): Jendela Pendidikan

PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI PESANTREN TAHFIDZ RUMAH QUR'AN INDONESIA

Siti Fathonah (Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran bahasa Arab dengan hafalan Al-Qur’an Santri Pesantren Tahfidz RUmah Qur’an Indonesia. dimana untuk mencapai hafalan yang baik dibutuhkan memahami Bahasa Arab sebagai Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Bahasa Arab dengan hafalan Al-Qur’an memiliki pengaruh positif. Pemahaman Bahasa Arab akan lebih memudahkan santri dalam menghafalkan Al-Qur’an. Sedangkan kurang atau tidak fahamnya Bahasa Arab akan menghambat proses menghafalkan Al-Qur’an.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...