Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 5, No 2 (2021): Terbit 2 kali dalam setahun

IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN RUMPUN IPS DI SMA NEGERI 1 PASIR PUTIH

Iksan Uzin (SMA Negeri 1 Pasir Putih)
La Iru (Universitas Halu Oleo)
Nanik Hindaryatiningsih (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model penilaian autentik pada mata pelajaran rumpun IPS di SMA Negeri 1 Pasir Putih yang sesuai dengan standar penilaian; Kendala-kendala mengimplementasikan model penilaian autentik pada mata pelajaran rumpun IPS  di SMA Negeri 1 Pasir Putih; Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan model penilaian autentik pada mata pelajaran rumpun IPS di SMA Negeri 1 Pasir Putih. Jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini semua guru rumpun IPS (ekonomi, geografi, sejarah dan Sosiologi) yang berjumlah 4 orang serta sebagai informan adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Metode pengumpulan data  yang  digunakan  yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif  kualitatif,  yaitu reduksi  data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dicapai yaitu Implementasi model penilaian  autentik  pada  mata  pelajaran  rumpun IPS (ekonomi, geografi, sejarah dan sosiologi) di SMA Negeri 1 Pasir Putih  telah  dilaksanakan  pada  tiga  ranah  yaitu  kompetensi sikap (afektif) melalui penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antar teman siswa, dan penilaian jurnal; kompetensi  pengetahuan (kognitif) melalui penilaian tes tulis, penilaian tes lisan dan penilaian penugasan; dan kompetensi keterampilan (psikomotorik) melalui penilaian praktek, penilaian produk dan penilaian portofolio. Faktor penghambat implementasi model penilaian autentik meliputi banyaknya karakteristik siswa, kompetensi guru dan keterbatasan waktu. Upaya yang  dapat  dilakukan  untuk mengatasi hambatan implementasi model penilaian autentik adalah  mendalami karakteristik siswa, melaksanakan workshop guru dan pengaturan waktu kegiatan penilaian.Kata Kunci: Model penilaian autentik; rumpun IPS

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...