DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 01 (2022): April 2022

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Kognitif Matematika

Ahmat Wakit (Teknik Sipil, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Indonesia)
Erna Zumrotun (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Indonesia)
Nurul Nisah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Indonesia)
Nadia Faissyaroh (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan kogntif yang dimiliki peserta didik pada muatan pembelajaran matematika di SD N 7 Tahunan. Tempat. Subjek penelitian ini adalah orang tua peserta didik kelas III SD N 7 Tahunan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data menggunakan uji prasyarat, uji validitas dan reliabilitas, serta uji hipotesis menggunakan SPSS versi 25.0. Dari hasil analisis diketahui bahwa Hasil hitung F ANOVA menunjukkan bahwa nilai nilai signifikasi 0,01 0,05 dengan a = 5%, sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. secara keseluruhan pola asuh orang tua berpengaruh positif sebesar 44,7% terhadap kemampuan kognitif muatan matematika peserta didik kelas III SD N 7 Tahunan, adapun presentase selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipilih dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...