Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2022)

PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PAHLAWANKU DI KELAS 4A SDN PAKIS V SURABAYA

Nur Hafidda (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Desi Eka Pratiwi (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Jarmani Jarmani (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

 Penggunaan media pembelajaran penting dalam pembelajaran, salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa motivasi belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan respon siswa dalam pemanfaatan media youtube pada pembelajaran IPS materi Pahlawanku di kelas 4. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, serta lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian aktivitas guru menunjukkan kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata 88%. Sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 8.1%, menunjukkan kriteria sangat baik. Adapun nilai yang didapat dari angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 86%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kesimpulan menunjukkan bahwa pemanfaatan media youtube sangat efektif dan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah guru dan siswa saat proses pembelajaran IPS materi pahlawanku. Kata Kunci: Media Youtube, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pahlawanku 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...