JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 3, No 4 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PENGARUH PEMANFAATAN SITUS GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 PEMATANG SIANTAR T.A 2021/2022

Purba, Sonia Danti (Unknown)
Sihombing, Sotarduga (Unknown)
Margareta, Elisabet (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

This study aims to see the Effect of Using Google Sites as a Learning Resource to Increase Student Interest and Motivation in Integrated Social Studies Class VIII Subjects at SMP Negeri 13 Pematang Siantar T.A 2021/2022. Quantitative type research and data collection techniques using observations, questionnaires or questionnaires and documentation. The data obtained is in the form of student response questionnaire data to the use of the Google site to increase student interest and motivation for learning. The hypothesis test used is the regression t-test. The results showed that there was an Effect of Google Site Utilization on students' Learning Interest, this was shown from the results of the t test that the researchers had done, namely the calculation value (10,554), greater than ttabel at a significance level of 5% (1,662), indicating H1 is accepted and H0 is rejected and furthermore this study also shows that there is an influence of google site utilization on student Learning Motivation this is shown from the results of the t test that researchers have done, namely the calculated value (8,072), greater than the ttabel at a significance level of 5% (1,662), shows Ha accepted and H0 rejected.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Pemanfaatan Situs Google Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 13 Pematang Siantar T.A 2021/2022. Penelitian berjenis kuantitatif dan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kusioner atau angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data angket respon siswa terhadap pemanfaatan situs google untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Uji hipotesis yang digunakaan adalah uji t regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Pemanfaatan Situs Google Terhadap Minat Belajar siswa hal ini ditunjukkan dari hasil Uji t yang telah peneliti lakukan yakni nilai thitung (10,554), lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 5% (1,662), menunjukkan H1 diterima dan H0 ditolak dan selanjutnya penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada nya pengaruh pemanfaatan situs google terhadap Motivasi Belajar siswa hal ini ditunjukkan dari hasil Uji t yang telah peneliti lakukan yakni nilai thitung (8,072), lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 5% (1,662), menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...