JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 3, No 6 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN T.A 2022/2023

Sitorus, Resti Hasianna (Unknown)
Sihombing, Sotarduga (Unknown)
Simatupang, Leo Fernando (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

The purpose of this study was to determine whether problem-based learning and learning facilities affect student learning outcomes in class XI economics subjects in IPS SMA 1 Siantar in the 2022/2023 school year. This research is a type of quantitative research that uses an experimental approach but uses a quasi-experimental design for its research methodology. The sampling method used in this study is the cluster sampling method. In this particular study, there were a total of 140 students in the population, and the researcher took a sample of 70 of those children. Data collection procedures used observation, tests, questionnaires and documentation. Information was collected through the use of pre-test, post-test, and questionnaires related to educational facilities. Together the problem-based learning model and learning facilities have a positive and substantial effect on student learning outcomes, as evidenced by the value of fcount f table (8.243 3.131) significant value (0.000 0.05).ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran problem based learning dan fasilitas pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di IPS SMA 1 Siantar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimental namun menggunakan desain quasi-experimental untuk metodologi penelitiannya. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cluster sampling. Dalam studi khusus ini, ada total 140 murid yang menjadi populasi, dan peneliti mengambil sampel dari 70 anak-anak itu. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket (angket) dan dokumentasi. Informasi dikumpulkan melalui penggunaan pre-test, post-test, dan kuesioner yang berkaitan dengan fasilitas pendidikan. Secara bersama-sama model pembelajaran problem based learning dan fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan substansial terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan nilai fhitung f tabel (8,243 3,131) nilai signifikan (0,000 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...