Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan

PELATIHAN DAN PEMBEKALAN ENTREPRENEURIAL MARKETING BAGI UMKM PEMULA ANGGOTA KOPERASI BUNDA SEJAHTERA KOTA DEPOK

Suharyati Suharyati (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta)
Tati Tati Handayani (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta)
Kery Utami (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2022

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional. Data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) menyebutkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar. Saat ini dimana dunia dilanda pandemi global covid disease, covid-19, pertumbuhan perekonomian dunia dan juga Indonesia mengalami penurunan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia, dari perkiraan 4 % turun menjadi hanya 2,97 persen. Namun dibalik semua itu dampak positif dari keberadaan pandemi Covid19 ini yaitu mendorong semua pelaku usaha untuk berjuang demi kelangsungan hidup perusahaannya. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta yang dilaksanakan di kota Depok, kecamatan Bojongsari, kelurahan Duren Mekar, bertema pelatihan dan pembekalan entrepreneurial marketing bagi UMKM pemula anggota Koperasi Bunda Sejahtera. Kegiatan ini dihadiri oleh 24 anggota Koperasi Bunda Sejahtera kota Depok. Bidang usaha peserta terdiri dari usaha sembako, kuliner, fashion, dan usaha kerajinan tangan. Selain memberikan edukasi Entrepreneurial marketing, dilakukan juga pembekalan dengan membuat produk kerajinan tangan bunga kristal dan lilin aromaterapi, sebagai upaya dalam penerapan Entrepreneurial Marketing dalam perencanaan usaha mereka. Setelah dilakukan pengabdian kepada masyarakat ini maka peserta perlatihan sangat memahami materi pelatihan yang diberikan dimana hasil pre-test sebesar 63,8% dan post-test sebesar 88,5%. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku usaha pemula ini dapat menerapkan Entrepreneurial Marketing, sebagai strategi pemasaran UMKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMWidina

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan ...