Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Bahasa Indonesia pada pokok bahasan resensi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ciledug. Metode penelitain.yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan empat tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel penelitian terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Tes hasil belajar berupa tes objektif berbentuk esai yang dijadikan sebagai alat penelitian. Keberhasilan belajar dikaitkan dengan Indeks Prestasi (IPH) ≥ 80% dan Nilai Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 78. Hasil. penelitian. ini menunjukkan.bahwa.rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia pada pokok bahasan resensi di siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut 74,24 dan 80.94. Dari 34 siswapada pretest jumlah siswayang nilainya diatas KKM 10 siswa(29%), pada siklus 1 meningkat menjadi 18 siswa(53%) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 28 (82%) dari 100% jumlah peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada pokok bahasan resensi pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan karena telah mencapai IPH dengan presentase kelas diatas 80%.
Copyrights © 2022