INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Vol. 1 No. 2 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi

Peranan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Prabumulih Timur

Wati, Imelda Fera (Unknown)
Susianti, Susianti (Unknown)
Ajabar, Ajabar (Unknown)
Herlina, Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Pelayanan prima bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, apabila keterampilan dalam memberikan pelayanan dapat dilakukan dengan baik maka instansi yang bersangkutan akan dapat meraih manfaat yang besar berupa kepuasan masyarakat. Pemberian pelayanan prima sebagai usaha untuk mencapai kepuasan masyarakat oleh pihak aparat instansi dapat berpedoman pada variabel pelayanan prima (service excellence) seperti kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab, dan kenyamanan. Tujuan penelitian ini pengaruh Peranan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Prabumulih Timur. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskritif  yang di bantu dengan metode kuantitatif. jumlah sampel dengan populasi tidak diketahui jumlahnya sebesar 96,04 ≈ 96 (dibulatkan). Oleh  karena  itu, jumlah  sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 96 orang. Dari hasil analisis regresi maka diperoleh nilai standar error of the estimated sebesar 0,6823. Hal ini menunjukkan bahwa banyaknya kesalahan dalam memprediksi tingkat keterampilan kerja dapat ditentukan sebesar 68,23%. Nilai  Adjusted R square adalah sebesar 0.870 hal ini berarti 87,0% dari variasi variabel dependen kepuasan masyarakat pada Kantor Camat Timur Kota Prabumulih dapat dijelaskan oleh variabel independen pelayanan prima, sedangkan sisanya sebesar 0,13 atau 13 % dijelaskan oleh Variabel-variabel lain diluar variabel selain pelatihan. Maka hipotesis dapat di jelaskan memiliki pengaruh signifikan dan positif dengan Nilai  Adjusted R square adalah sebesar 0.870 (87,0%) hal ini menunjukan variabel pelayanan prima  mampu  menjelaskan sebesar  87,0% variasi dari variabel kepuasan masyarakat. Kata Kunci : Pelayanan Prima dan Kepuasan Masyarakat

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

invest

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in September 2020. The ...