Berbagai alat telah diciptakan oleh manusia untuk mendukung hidup yang semakin praktis danbermanfaat. Pena digital Al-Qolam yang dilengkapi dengan bukunya ini diproduksi sebagaimedia edukatif untuk mendukung perkembangan literasi pada anak usia dini denganmemanfaatkan perkembangan teknologi dan inovasi pembelajaran. Minat literasi pada anakusia dini menjadi penting ditingkatkan dengan media berbasis teknologi dari pada penggunaandengan media konvensional dengan menulis pena manual maupun membaca secarakonvensional. Minat membaca dan menulis secara konvensional ini mangarah kepada minatterhadap literasi pada anak yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengungkap efekpenggunaan pena digital Al-Qolam terhadap minat literasi pada anak di RA PerwanidaSurabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian quasieksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalahkelompok A1 sebagai kelompok eksperimen dengan perlakuan menggunakan pena digital alQolam dan A2 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan guru yang menceritakan di RAPerwanida Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi denganskala 3 pada pretest dan postest. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji hipotesis,uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efek penggunaanpena digital al- Qolam terhadap minat literasi pada anak kelompok A di RA Perwanida. Hasil inidi buktikan dari hasil perhitungan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh tingkat Asymp. Sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 dimana uji tersebut diterima. Begitu juga dengan hasil uji Mann Whitneydiperoleh tingkat Asymp. Sig. (2-tailed) 0.898 >0.05 maka uji tersebut diterima. Minat literasidengan menggunakan pena digital al-Qolam dapat meningkat dengan meningkatnya rasasenang, ketertarikan, keterlibatan dan perhatian dalam menggunakan pena digital al-Qolam.
Copyrights © 2022