Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kedisiplinan siswa Kelompok Bermain Az-Zahra Ngrojo Bangilan Tuban melalui pembiasaan salat duha beserta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok Bermain Az-Zahra berjumlah 20 anak yang terbagi atas 10 siswa kelompok A dan 10 siswa kelompok B . Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan salat duha di Kelompok Bermain Az-Zahra dilakukan setiap hari Kamis. Dilakukan berjamaah mulai pukul 08.10 WIB setelah siswa mengambil wudu secara bergiliran. Pada prosesnya guru bergiliran menjadi imam sesuai jadwal sedang guru lainnya mendampingi dan mengamati siswa saat pelaksanaan salat duha sampai doa bersama selesai. (2) Perkembangan kedisiplinan siswa Kelompok Bermain Az-Zahra pada Kelompok B yang sudah lebih dulu melaksanakan salat duha pada tahun pelajaran sebelumnya sudah berkembang sesuai harapan, sedangkan kelompok A yang baru melaksanakan salat duha pada tahun pelajaran ini masih belum berkembang. Jadi pembiasaan salat duha belum efektif diterapkan dalam waktu singkat. (3) Faktor yang mendukung penerapan pembiasaan salat duha di antaranya, adanya dukungan dari semua pihak sekolah, orang tua/wali murid dan masyarakat sekitar, kerja sama yang baik antara guru dan orang tua, kelancaran komunikasi antara guru dan orang tua baik secara langsung atau lewat alat komunikasi dan Kematangan usia peserta didik. Adapun faktor yang menghambat di antaranya, kemandirian dan kepercayaan diri siswa yang masih belum berkembang, kurangnya kepedulian orang tua jika ada informasi lewat telepon seluler dan keadaan emosi peserta didik yang berubah-ubah.
Copyrights © 2022