Semua kalangan baik orang tua, anak muda sampai pada anak usia dini merasakan perkembangan teknologi yang terus berkembang. Untuk mencari segala informasi dengan mudah dapat ditemukan dengan teknologi. Anak usia dini lebih suka melakukan screen timedengan perangkat digital untuk belajar atau sekedar hiburan. Perlu adanya peran orang tua dalam kegiatan screen time anak usia dini sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh para ahli sehingga anak tidak kecanduan atau terkena dampak negatif dari pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner atau angket kepada orang tua TK A Nurul ImamIslamic School kecamatan Majalaya kabupaten Karawang. Tujuan penelitian ini untuk mendapat informasi mengenai peran orang tua dalam kegiatan screen time anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan semua orang tua memberikan waktu kepada anak untuk memanfaatkan teknologi digital dengan alasan untuk hiburan sampai pada untuk pembelajaran. Durasi screen time yang diberikan orang tua pada anak usia 4-5 tahun menunjukkan 40% screen time anak memiliki durasi 2 jam, 32% screen time berdurasi 1 jam, 24% menunjukkan durasi screen time < 1 jam dan 4% menunjukkan screen time anak berdurasi >3 jam. Dan peran orang tua dalam kegiatan screen time anak usia dini antara lain: melakukan pembatasan waktu screen time anak sesuai dengan kesepakatan waktu, 2) membatasi tontonan anak, 3) memberikan arahan tontonan atau game yang sebaiknya diakses, 4) mengajak anak melakukan kegiatan bersama, 5) Mengatur time off televisi atau perangkat digital lain, 6) mengajak anak bermain di luar, dan 7) memberikan teguran atau sanksi Ketika anak melakukan screen time melebihi batas kesepakatan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022