Jurnal Pengabdian Masyarakat STKIP AL MAKSUM LANGKAT
Vol 3 No 1 (2022): JPKM

Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Discovery Learning Untuk Guru Sekolah Dasar

Kiki Pratama Rajagukguk (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)
Muhammad Sadri (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)
Pradana Chairi Azhar (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)
Azri Ranuwaldy Sugma (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)
Mustafa Habib (STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pelatihan pengembangan bahan ajar merupakan konsep pemberdayaan terhadap professionalisme guru khususnya dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran di kelas. Berkaitan dengan peningkatan kompetensi professional guru sebagai pendidik, upaya yang dapat dilakukan adalah peninggkatan ketrampilan dan keahlian guru seperti materi, model dan media pembelajaran. Maka bidang pendidikan perlu adanya inovasi dalam proses pembeajaran. Guru perlu menyediakan bahan ajar sebagai model konkrit pendalaman materi untuk siswa yang sesuai dengan karakteristik daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting untuk dilakukan pelatihan/training dalam pengembangan bahan ajar berbasis discovery learning guna mendukung proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Sekolah Dasar Negeri Kota Stabat merupakan sekolah dasar yang cukup lama dalam penyelenggarakan pendidikan tingkat dasar di Kabupaten Langkat. Kegiatan pembelajaran sudah berjalan dengan baik, namun dalam hal pengembangan bahan ajar masih ada beberapa tenaga pendidik yang belum memiliki kompetensi terkait pengembahan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran tematik yang kontekstual dengan pengalaman siswa sebagai model pembelajaran yang dapat menyentuh semua aspek kebutuhan peserta didik. Dalam rangka peningkatan kompetensi professional guru Sekolah Dasar swasta di Kota Stabat diperlukan pelatihan peningkatan keahlian guru untuk pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran tematik integratif berbasis discovery learning. Bahan ajar dalam penelitian ini dimaknai sebagai segala jenis materi ajar yang berwujud bahan tertulis atau tidak tertulis yang dimanfaatkan guru berdasarkan pada kurikulum guna tercapainya tujuan pembelajaran. Materi ajar sebagai bagian dari bahan ajar, dikembangkan oleh guru melalui suatu pendekatan berbasis discovery learning agar para siswa memiliki pemahaman bermakna dari materi ajar dimaksud sehingga mampu mengembangkan dirinya untuk berperan secara positif dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Tujuan Jurnal ini untuk memfasilitas para akademisi dan juga menambah khasana terbitan pengabdian masyarakat yang berbentuk jurnal untuk memperkayah jurnal pengabdian Masyarrakat. adapun ruang lingkup yang menjadi fokus utama pada bidang ...